MANAJEMEN LAYANAN SI
1. Perubahan
manajemen
-
Maksud
dan tujuan
Pada hakikatnya, kehidupan manusia dan organisasi selalu
bergerak dan diliputi oleh perubahan secara berkelanjutan. Perubahan terjadi
karena lingkungan internal dan eksternal. Perubahan berarti bahwa kita harus
mengubah dalam cara mengerjakan atau berpikir tentang sesuatu. Perubahan
tersebut dapat terjadi pada struktur organisasi, proses mekanisme kerja, SDM,
dan budaya.
-
Konsep
dasar
Tujuan perubahan disatu sisi untuk memperbaiki kemampuan
organisasi dalam menyesuaikan didi dengan perubahan lingkungan dan disisi lain,
mengupayakan perubahan perilaku karyawan untuk meningkatkan produktivitasnya.
Perubahan harus dilakukan secara hati-hati dengan mempertimbangkan berbagai hal
agar manfaat yang ditimbulkan oleh perubahan harus lebih besar daripada beban
kerugian yang harus ditanggung.
-
Kegiatan
1). Suatu perubahan seringkali tidak ada
awal dan akhir yang jelas. 2). Suatu
perubahan yang efektif dapat dimulai dengan perbaikan dalam beberapa bidang
tertent 3). Suatu
perubahan harus berjalan sekaligus, baik secara top-down maupun
bottom-up. 4). Suatu
perubahan organisasi memiliki dimensi pribadi yang penting. 5). Dilakukannya suatu pengukuran adalah
kunci bagi suatu perubahan yang berhasil dan berkelanjutan.
-
Hubungan
dengan proses manajemen layanan lainnya.
Hal selanjutnya
yang perlu dipikirkan adalah mengenai profil orang – orang yang terlibat dalam
perubahan. Profil orang-orang tersebut seharusnya dapat mengorganisasi
informasi dari semua orang terlibat dalam upaya perubahan. Setiap orang akan
mempunyai prioritas dan minat yang berbeda, berdasarkan fungsi mereka.
Kebijaksanaan dan diplomasi harus digunakan ketika mempresentasikan tujuan
perubahan kepada kelompok. Pesan yang sama harus disampaikan kepada semua
orang, bagaimanapun pentingnya, perlu dicermati hal-hal khusus yang banyak
relevansinya kepada kelompok.
2.
Penyebaran
manajemen
-
Maksud
dan tujuan
Tujuan: ITIL
Release dan Manajemen Deployment bertujuan untuk merencanakan, jadwal dan
mengontrol pergerakan rilis untuk menguji dan lingkungan hidup. Tujuan utama
dari Manajemen Pers dan Manajemen Deployment adalah untuk memastikan bahwa
integritas lingkungan hidup dilindungi dan bahwa komponen yang benar
dilepaskan.
-
Konsep
dasar
Pada dasarnya,
kegiatan dan tujuan proses proses Release dan Deployment Manajemen di ITIL V3
identik Release Management di ITIL V2. ITIL V3 Manajemen Siaran memberikan
rincian jauh lebih di bidang perencanaan Release dan pengujian; ini menyebabkan
penambahan dua proses khusus yang dimasukkan di bawah Manajemen Pers dalam
versi ITIL sebelumnya: Manajemen Proyek - Perencanaan Transisi dan Dukungan ,
dan Layanan Validasi dan Pengujian.
-
Kegiatan,
metode, dan teknik
Release Manager
bertanggung jawab untuk perencanaan dan pengendalian gerakan Pers untuk menguji
dan lingkungan hidup. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa integritas
lingkungan hidup dilindungi dan bahwa komponen yang benar dilepaskan.
-
Hubungan
dengan proses manajemen layanan lainnya
· Dukungan Manajemen rilis
Proses Tujuan:
Untuk memberikan pedoman dan dukungan untuk penyebaran Pers .
· Perencanaan rilis
Proses Tujuan: Untuk menetapkan
Perubahan berwenang untuk Rilis Paket dan untuk menentukan ruang lingkup dan
isi dari Pers. Berdasarkan informasi ini, proses Perencanaan Rilis
mengembangkan jadwal untuk membangun, pengujian dan menyebarkan rilis tersebut.
· Dukungan Hidup Awal
Proses Tujuan: Untuk mengatasi
masalah operasional cepat selama periode awal setelah penyebaran Rilis , dan
untuk menghilangkan kesalahan yang tersisa atau kekurangan.
3.
Pemenuhan
permintaan
-
Maksud
dan tujuan
Tujuan: ITIL
Permintaan Pemenuhan bertujuan untuk memenuhi Permintaan Service, yang dalam
banyak kasus adalah ringan (standar) Perubahan (misalnya permintaan untuk
mengubah password) atau permintaan informasi.
tujuan proses
pemenuhan permintaan adalah:
· Menyediakan saluran bagi pengguna
untuk meminta dan menerima layanan standar yang otorisasi dan proses
kualifikasi yang telah ditetapkan ada
· Memberikan informasi kepada pengguna
dan pelanggan tentang ketersediaan layanan dan prosedur untuk mendapatkan
mereka
· Sumber dan memberikan komponen layanan
standar yang diminta
· Membantu dengan informasi Generaal,
keluhan atau komentar
-
Model
permintaan
Permintaan
pemodelan menggunakan metode statistik dan intelijen bisnis masukan untuk
menghasilkan perkiraan permintaan akurat dan efektif mengatasi variabilitas
permintaan. Permintaan modeling menjadi lebih penting karena peramalan dan
manajemen persediaan sedang rumit dengan meningkatnya jumlah item yang bergerak
lambat, yang disebut "ekor panjang" dari berbagai produk, banyak yang
memiliki pola permintaan tak terduga di mana khas "normal distribusi
"asumsi yang digunakan oleh model tradisional sama sekali tidak memadai.
Dalam skenario ini, berhasil mengelola perkiraan dan persediaan memerlukan
canggih permintaan dan pemodelan persediaan teknologi untuk andal mendukung
tingkat layanan yang tinggi.
-
Hubungan
dengan proses manajemen layanan lainnya
Layanan
Permintaan Pemenuhan Grup ( request fulfilment group)
Layanan Permintaan Pemenuhan Grup
mengkhususkan diri pada pemenuhan jenis tertentu Permintaan layanan . Biasanya,
Tingkat 1 Dukungan akan memproses permintaan sederhana, sementara yang lain
diteruskan ke Pemenuhan Grup khusus.
Tanggung jawab Matrix: ITIL Permintaan
Pemenuhan
|
|||
ITIL Peran / Sub-Proses
|
|||
SEBUAH
|
R
|
-
|
|
SEBUAH
|
R
|
R
|
|
AR
|
R
|
-
|
|
SEBUAH
|
R
|
-
|
4.
Manajemen
operasi IT
-
Maksud
dan tujuan
Apa IT Manajemen
Operasi?
manajemen
operasional TI adalah proses pengelolaan infrastruktur TI sehari-hari termasuk
pengelolaan provisioning, kapasitas, kinerja dan ketersediaan lingkungan
komputasi, jaringan dan aplikasi. manajemen operasional TI sangat penting untuk
organisasi TI yang bertanggung jawab untuk memberikan efisien layanan berkualitas
tinggi dan aplikasi dalam mendukung bisnis digit
Satu umumnya
dapat mempertimbangkan bahwa ada tiga daerah yang berbeda yang melekat dalam
bisnis apapun: pemasaran, keuangan, dan operasi; semua disiplin bisnis lainnya
sesuai suatu tempat di bawah satu atau lebih dari daerah-daerah tersebut.
Misalnya, keuangan dapat mencakup investasi, real estate, asuransi atau
perbankan. Sementara manajemen dianggap sebagai disiplin akademis tersendiri
sebenarnya merupakan bagian dari semua tiga bidang: manajemen keuangan,
manajemen pemasaran, dan manajemen operasi. manajemen operasi adalah daerah
yang bersangkutan dengan efisiensi dan efektivitas operasi dalam mendukung dan
pengembangan tujuan strategis perusahaan. Daerah lain yang menjadi perhatian
manajemen operasi meliputi desain dan operasi dari sistem untuk menyediakan
barang dan jasa. Untuk meletakkannya ringkas, manajemen operasi adalah
perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian kegiatan yang mengubah masukan
(bahan baku dan tenaga kerja) menjadi output (barang jadi dan jasa). Satu set
konsep diakui dan berkembang dengan baik, alat, dan teknik milik dalam kerangka
dianggap manajemen operasi. Sementara manajemen operasi jangka memunculkan
pemandangan lingkungan manufaktur, banyak dari konsep-konsep ini telah diterapkan
di pengaturan layanan, dengan beberapa dari mereka benar-benar dikembangkan
secara khusus untuk organisasi pelayanan.
manajemen
operasi juga merupakan bidang akademik studi yang berfokus pada perencanaan
yang efektif, penjadwalan, penggunaan, dan pengendalian perusahaan manufaktur
atau jasa dan operasi mereka. lapangan adalah sintesis dari konsep yang berasal
dari rekayasa desain, teknik industri, sistem informasi manajemen, manajemen
mutu, manajemen produksi, manajemen persediaan, akuntansi, dan fungsi lainnya.
-
Konsep
dasar
Dalam sebuah
organisasi, mungkin ada tumpang tindih antara manajemen operasi TI dan
manajemen aplikasi serta manajemen teknis, Namun manajemen operasi TI adalah
fungsi yang berbeda, meskipun keduanya manajemen teknis dan aplikasi dapat
menjadi bagian yang sama.
Sekali lagi,
berdasarkan kebutuhan dan sumber daya, manajemen operasional TI mungkin
disesuaikan dengan organisasi, dan dengan demikian cara operasi dapat berbeda
dari organisasi ke organisasi.
tanggung jawab
utama dan fungsi manajemen IT Operations:
1. Infrastruktur
Jaringan
Semua fungsi
jaringan yang berkaitan dengan internal dan komunikasi eksternal.
Pengelolaan
sistem telepon internal.
Menyediakan
akses remote untuk pengguna yang berwenang ke jaringan organisasi.
manajemen
telekomunikasi, internal dan eksternal, untuk organisasi
manajemen
pelabuhan untuk memudahkan akses ke server luar.
Menyelesaikan
masalah dan pemantauan terkait dengan sumber daya jaringan.
2. Server dan
manajemen perangkat
Manajemen server
Penyimpanan dan
manajemen jaringan.
file server dan
setup email dan otorisasi.
Manajemen
organisasi disetujui perangkat seperti laptop, desktop dan perangkat komputasi
mobile.
3. Operasi yang
berkaitan dengan Komputer & Helpdesk
Pusat Data &
manajemen fasilitas
Membantu
manajemen meja
Provisioning
pengguna.
Memberikan
masukan untuk audit konfigurasi.
manajemen
cadangan
ketersediaan
tinggi dari layanan IT & manajemen pemulihan bencana dan.
-
Hubungan
dengan proses manajemen layanan lainnya
Meja layanan:
Menangani beberapa teknologi dan perangkat melalui server cloud terpusat.
Sebuah proses operasi sederhana menangani tiket Anda, manajemen konfigurasi,
manajemen aset, perubahan dan rilis. Semuanya hanya dengan sekali klik dan Anda
dapat memantau dari lokasi manapun. Tidak ada lagi mendapatkan terpaku kursi
Anda atau risiko hilang setiap pembaruan penting.
Memecahkan &
Selesaikan: Itu akan lebih mudah untuk memecahkan masalah dengan Analisis Akar
Penyebab Freshservice dan Preventive Maintenance daripada pergi melalui setiap
server yang memeriksa dan mencegah pemadaman. Sebuah tiket Insiden dinaikkan
setiap kali masalah yang dilaporkan, dan Anda mendapatkan pemberitahuan
langsung dengan rincian diperbarui. Tiket diprioritaskan & diselesaikan
berdasarkan tingkat urgensi dan pentingnya, SLA ini membuat Anda memahami
tanggal jatuh tempo dan kebijakan lain untuk membimbing Anda. Sebuah alur kerja
yang sistematis akan membantu Anda merespon dan menyelesaikan lebih cepat dari
sebelumnya
5.
Aplikasi
manajemen
-
Maksud
dan tujuan
Tujuan: ITIL
Aplikasi Manajemen bertanggung jawab untuk mengelola aplikasi di seluruh siklus
hidup mereka. Proses ini memainkan peran penting dalam aspek terkait penerapan
merancang, pengujian, operasi dan meningkatkan layanan TI, serta dalam
mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi
organisasi TI. Aplikasi Manajemen merupakan kegiatan yang sedang berlangsung,
sebagai lawan Pengembangan Aplikasi yang biasanya satu kali set kegiatan untuk
membangun aplikasi.
-
Konsep
dasar
Terdapat enam
fungsi teknologi informasi, yaitu: Menangkap (Capture) Menangkap disini dapat
diartikan sebagai menginput. Misalnya menerima inputan dari mic, keyboard,
scanner, dan lain-lain. Mengolah (Processing) Mengolah atau memproses data
masukkan yang diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan dan pemrosesan data
dapat berupa mengkonversi, menganalisis, dan menghitung (kalkulasi).
Menghasilkan (Generating) Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke
dalam bentuk yang berguna atau laporan yang dapat dimengerti oleh orang lain.
Misal laporan, tabel, grafik, gambar, dan lain-lain. Menyimpan (Storage)
Merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat
digunakan untuk keperluan lain.
-
Hubungan
antara aplikasi manajemen dan pengembangan aplikasi
· Aplikasi Analyst adalah peran Manajemen
Aplikasi yang mengelola aplikasi di seluruh siklus hidup mereka. Ada
biasanya satu Aplikasi Analyst atau tim analis untuk setiap aplikasi
utama. Peran ini memainkan peran penting dalam aspek terkait penerapan
merancang, pengujian, operasi dan meningkatkan layanan TI. Hal ini juga
bertanggung jawab untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk
mengoperasikan aplikasi yang diperlukan untuk memberikan layanan TI.
Tanggung jawab Matrix: ITIL Manajemen
Aplikasi
|
|
ITIL Peran / Sub-Proses
|
|
aplikasi Manajemen
(tidak ada sub-proses yang ditentukan)
|
Source:
http://qazre.blogspot.co.id/p/blog-page_13.html
http://mohammadzakari.blogspot.co.id/2014/10/pertemuan-3-bsi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar